Pages

Saturday, January 12, 2013

Prinsip Kewirausahaan, Prinsip Ekonomi dan Bisnis Online (Just Talk About)

Berawal dari beberapa hari yang lalu, dosen penanggung jawab mata kuliah kewirausahaan saya, Mr. Subian tengah berbincang seputar kewirausahaan. Beliau mengisi materi dengan gaya 'seorang teman' dan dengan panjang lebar bicara bla bla bla dan bla lagi, kemudian masih dilanjutkan dengan bla lagi... Ketika saya keluar dari ruangan kuliah ada satu point penting yang dihasilkan dari bla bla bla dan bla lagi, kemudian yang masih dilanjutkan dengan bla lagi yang diucapkan dari lidah seorang Mr. Subian meskipun saya tidak tahu persis dari point "bla" yang mana, yakni "Prinsip kewirausahaan itu, ada orang butuh barang, ada orang punya barang, kemudian kita mempertemukan, kemudian kita mengambil yang namanya komisi dari mempertemukan itu"



CAUTION!!!
gaya tulis berikut akan sedikit berubah mengikuti irama zaman sekarang yang notabene 'lebay'

Masih di koridor kampus, sesaat kemudian pikirku pun melayang, mengembalikan aku ke bentuk 5 atau setidaknya 4 tahun yang lalu ketika masih mengenakan celana pendek warna biru. Disana terlihat sosok aku dengan wajah innocent masa lalu yang tengah mengikuti pelajaran ekonomi. Menggema kembali kata seorang guru dari masa lalu ditelingaku, "Prinsip ekonomi itu, mengeluarkan modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya"

Nah, sampai disini 2 dari 3 materi unsur penyusun senyawa judul posting kali ini sudah terpenuhi. lanjut deh...


BISNIS ONLINE : Kembali lagi ke masa ini, saat saya menulis posting ini pun, sebenarnya saya juga tengah menjalankan sebuah usaha dengan prinsip ekonomi dan didukung oleh "angan gila" dari seorang teman karib bernama "sisi gelap dari diri sendiri yang sering disebut MALAS". Usaha yang saya jalankan tak lain adalah mengelola blog ini. Mungkin kalian agak bingung ya, sebagian juga bakal ngeremehin, di angan kalian mungkin berpikir "blog ini kan bukan blog dagang, kok jadi usaha??". Okeh, karena saya tahu bahwa diri saya lebih pintar dari kalian semua yang membaca post ini, mari saya jelaskan... Begini...bla bla bla bla bla, bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla bla ... Jelas kan??!! Masih kurang jelas???

Yah pokoknya intinya gini aja deh:

1. Bisnis itu kan gak selalu menawarkan barang toh, bisa juga jasa...
2. Prinsip kewirausahaan, ada orang butuh barang, ada orang punya barang, saya pertemukan saya dapet duit...
3. Modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan untung sebesar-besarnya...

Jadi cara kerja blog saya seperti ini... Ada orang butuh ilmu, ada juga orang butuh situsnya diiklankan, untuk orang yang butuh ilmu saya sediakan di blog, dan untuk orang yang butuh situsnya diiklankan saya buat link ilmu tadi melalui link iklan (adfoc.us) tadi. Bereslah, jadi orang yang butuh ilmu bakal dateng dan secara gak langsung bakal ngelakuin donasi untuk saya dengan ngeklik iklan itu...^^ Prinsip kewirausahaan dan prinsip ekonominya terpenuhi kan...

Dan berikut pendapatan saya hingga saat ini di adfoc.us:


Gambar:

No comments:

Post a Comment