Pages

Friday, January 11, 2013

Mempertahankan Cache Google Chrome Browser



Mungkin bagi sebagian orang yang memiliki koneksi internet cepat, kehilangan cache pada browser tidak begitu menjadi masalah, namun jika kehilangan tersebut dialami oleh orang yang hanya mempunyai koneksi internet berkecukupan pastinya akan menjadi masalah yang vital. Kehilangan cache mungkin disebabkan oleh
beberapa hal seperti ending task paksa, mati lampu atau crash yang (intinya terjadi terminated browser secara paksa). Setelah sebelumnya saya membahas definisi seputar cache, pada postingan kali ini saya akan memberikan trik sederhana untuk mempertahankan cache pada browser.

Untuk contoh kasus kali ini digunakan browser google chrome. Mungkin sampai saat ini banyak yang tidak mengetahui cara mempertahankan cache agar tidak hilang, pasalnya tidak begitu saja bisa dicopy dan dipaste seenaknya. Sebenarnya metode mempertahankan cache terbilang sederhana, yakni membuat file-file pada directory cache yang di back up tidak berubah sama sekali dari segi size, atribut, dll. Untuk mengakali backup yang tanpa merubah file sama sekali, untuk itulah saya menganjurkan menggunakan file archiever atau yang lebih sering disebut file compressor semisal winzip, winrar, 7zip, dll. Saya sendiri akan disini akan menggunakan 7zip.

Untuk membackupnya anda bisa saja langsung melakukan pada folder cache anda di :

C:\Users\$nama\AppData\Local\Google\Chrome\User Data\Default\Cache

*ganti $nama dengan nama user PC anda
**direktori mungkin saja berbeda karena dilakukan pada OS windows 64bit, namun pasti mirip jadi harap sesuaikan

Namun untuk memudahkannya saya membuat file batch untuk membackup cache. Langsung saja, tool yang diperlukan disini antara lain:

- software 7zip
- notepad (saya rekomendasikan notepad++)

Setelah menginstall 7zip anda dapat mengetikkan kode berikut di notepad :

cd "c:\Users\emptyvar\AppData\Local\Google\Chrome\User Data\Default"
"c:\Program Files\7-Zip\7z.exe" a cache.7z Cache -mx=0
cd "c:\Users\emptyvar"

*silakan sesuaikan dengan direktori anda jika dibutuhkan



Sekian postingan saya kali ini,
mungkin anda juga ingin membaca artikel tentang cache sebelumnya silakan klik dibawah ini
Salam pengetahuan!!!

1 comment:

  1. sekedar ngasih tau kalo adfoc.us itu scammer alias boongan. jangan dipercaya anda bisa dapet duit dari sana. korbannya banyak. Cari aja di google "adfoc.us" atau "adfoc.us scammer"

    mending pake adf.ly, walaupun lama, tapi beneran

    ReplyDelete